Tips Sukses Menjadi Pengusaha ala Jack Ma

"and if you want to be a successful people an entrepreneur, remember you need IQ, EQ, and LQ..." 

Mungkin kamu udah tahu Jack Ma, mungkin enggak. Jack Ma adalah seorang CEO dari Alibaba Group, pioner e-commerce terbesar di dunia. Hal yang paling menarik dari dirinya adalah He's rich. Dia termasuk jajaran orang terkaya nomer 3 di China, dan masuk jajaran 10 besar terkaya di dunia tekno. 

Bisa dikatakan, Jack Ma lebih berpengaruh dan terkenal daripada presiden China sendiri. Karena tiap orang menyebut China, entah mengapa yang terlintas pertama kali adalah Alibaba dan Jack Ma.



Ada 3 hal menurut Jack Ma yang harus dimiliki agar sukses menjadi pengusaha.
Yang pertama, kamu butuh IQ (Intelligence Quotient), hal penting karena berarti seorang wirausaha dapat menciptakan ide bisnis yang dapat direalisasikan dan bertahan saat melewati masa-masa sulit di masa depan.

Setelah IQ, hal yang nggak kalah penting itu EQ (Emotional Quotient), kemampuan untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain. Kemampuan EQ yang baik, akan memudahkan kamu untuk meraih kesepakatan sesuai dengan keinginan dengan tetap menjalin hubungan baik dengan orang lain. Jack Ma pada satu acara menyatakan bahwa ia nggak punya IQ yang baik, tetapi dia punya tim yang mempunyai IQ di atas rata-rata. Jack Ma berpendapat bahwa orang-orang yang memiliki IQ tinggi butuh orang seperti dirinya, yang memiliki EQ yang tinggi agar tujuan mereka tercapai.

Sebenarnya, hal fundamental agar jadi sukses cukup dua itu: EQ dan IQ. Tapi jikalau kamu ingin dihargai dan bertahan hingga 30 tahun lebih, yang kamu butuhkan adalah LQ (Love Quotient). The Q of Love, tentang kepedulian terhadap sesama. Menurut Jack Ma, sebuah usaha biasanya hanya memperlihatkan pelayanan bisnis saja, padahal LQ merupakan sebuah tindakan yang mendahulukan orang lain.

Tiga hal ini: IQ, EQ dan LQ ini selalu ditekankan Jack Ma setiap kali ia menjadi pembicara. Kalau kamu mau sukses, seengaknya kamu harus memiliki kecerdasaan IQ, EQ dan LQ.

Mungkin nggak ada orang yang bisa memenuhi ketiganya, makannya kamu perlu super tim yang dapat memenuhi ketiganya. Setuju?



Comments

Popular posts from this blog

SAYA DEAL DONE!

[CERPEN] Bagimu, Kita Hanyalah Dua Orang Asing

Sifat Penting yang Harus Dimiliki Pekerja: Gelas Kosong & Baby Eyes