SAYA DEAL DONE!

Tiap perusahaan itu ada namanya corporate culture, kalo di Indonesia kan artinya: Budaya Perusahaan. Kemaren kuliah kebetulan dapet materi tugas ini juga, jadi ya sedikit paham lah. Ya, walaupun aku mengerjakan bagian kesimpulan doang. 

Idealnya, setiap perusahaan itu punya budaya masing-masing. Budaya yang harus dipahami oleh tiap-tiap orang yang berada di perusahan itu. Gunanya? Ya agar visi dan misi perusahaan tercapai. Gitu sih menurut teori. 

Meski kantorku bisa dibilang rada nyeleneh dengan yang lainnya, corporate culture juga ada di tempatku berkerja, lho. Dan alasan terbesarku bertahan sampai 1,5 tahun di sini ya karena budayanya itu. Budaya yang menurutku cukup unik, dan beda dari yang lain.

Ada 3 budaya inti: Ceria, Kaizen, Deal Done. 
CERIA


KAIZEN

DEAL DONE

Di sini, aku mau ngasih tahu Deal Done dahulu. Deal Done artinya Deal and Done. Ketika kamu sudah sepakat untuk melakukan sesuatu, kamu harus melakukannya dengan TUNTAS. SELESAI tanpa alasan apapun. Deal Done ini sebenernya mengajarkan buat jadi orang yang bertanggung jawab. Tanggung jawab dengan perkataan sendiri. 

Misal,
“Hari ini saya akan menyelesaikan 5 copywriting. Akan selesai pukul 16:00.” Karena aku sudah ngomong gitu, jadi aku harus tanggung jawab dengan perkataanku. 5 copywriting harus benar-benar selesai pukul 16:00 TANPA ALASAN APAPUN.

Ada beberapa momen Deal Done yang sempat diabadikan: 
1. Tahun lalu, jadi kebiasaan kami untuk menulis semua list target untuk hari ini.. Target yang kita bikin sendiri, bukan orang lain. Hari itu berjalan cukup menyenangkan, dengan semangatnya kami semua mencoret-coret target sendiri yang artinya sudah selesai. 

Tulis dan Coret! 


2. Bulan Februari kemarin seluruh unit perusahaan punya permainan. Menaik-Turun-Kan Berat Badan. Jadi semua nimbang dan menentukan sendiri target berat badannya, mau dinaikan atau diturunkan. Dan, siapa saja di tanggal penimbangan yang nggak deal done alias tidak tercapai berat badan yang ditargetkan, orang tersebut WAJIB JALAN KAKI DARI JOGJA-KLAYAR (PACITAN). Aku pengen sih, ke Klayar tapi nggak jalan kaki   Alhamdulillah, setelah melewati drama yang cukup bikin geregetan kayak berat badan turun sekilo di H-1jam penimbangan dan drama-drama receh kayak bosen makan, akhirnya aku DEAL DONE! HA HA HA. 



3. Baru saja terjadi kemarin, sama kayak tahun lalu dengan orang-orang yang kebanyakan berbeda dengan tahun lalu. Masing-masing orang membuat target di pagi hari dan harus selesai pukul 16:00. Hasilnya 8 dari 10 orang SUKSES dengan targetnya! Dengan PUAS! 




Pada umumnya, banyak hal kok yang kami lakukan Deal Done. Kami pernah melakukan pencapaian omset 1.5 M dalam 2 bulan. Pernah meraih tiga ratus enam puluh juta dalam 3 hari, dan deal done - deal done lainnya. 

Ketika mengerjakan ini menjadi menyenangkan karena kami juga punya budaya untuk CERIA jadi apapun keadannya kami harus bahagia!

Dan kamu tahu, rasanya ketika bikin target dan target itu tercapai? RASANYA LUAR BIASA MENYENANGKAN, MELEGAKAN dan MEMBAHAGIAKAN! 

Jujur saja, aku kangen dengan keadaan kantor yang seperti hari ini. Karena yah, belakangan memang agak kurang atmosfirnya, butuh dikasih segar-segar seperti hari ini. 

Semoga besok dan selanjut-selanjutnya tetap seperti ini, ya! :D

Comments