Tuesday, 31 December 2013

2013 itu...

Tahun sibuk. Tahun perjuangan. Tahun metamorfosis. Tahun cinta. Sekaligus tahun putus cinta.
Flashback ke tiga bulan pertama—Januari, Februari, Maret—bener-bener ngerasain ‘perjuangan’ yang sebenernya. Tiga bulan sebelum 15 April. Tiga bulan yang tiap malemnya penuh dengan kopi. Tiga bulan yang hanya menyisakan waktu tidur 3 jam setiap harinya. Tiga bulan yang isinya cuma belajar dan pendalaman materi. Tiga bulan di mana buku jadi bagian dari tubuh, sampe dibawa-bawa tidur, sampe dibawa-bawa ke kamar mandi. Tiga bulan yang harus menahan nafsu buat baca novel atau internetan (eh, enggak juga, sih). Tiga bulan yang penuh dengan rumus. Tiga bulan yang terseok-seok lantaran kocar-kacir ngejer materi. Tiga bulan makanannya kertas A4 yang isinya soal beserta pilihan jawabannya. Tiga bulan penuh tekanan dan keringat, hanya untuk sekadar mendapat pernyataan “LULUS”. Dan tiga bulan yang penuh dengan motivasi dan semangat. Semangat dari—ah, sudahlah.


Pertengahan April, aku ‘bertempur’ dengan wacana-nya Bahasa Indonesia, dengan listening-nya Bahasa Inggris, dengan bangun ruangnya Matematika—yang pas hari-H aku sama sekali blank tentang itu materi, dengan fluida-nya Fisika, dengan polimer-nya Kimia, dan dengan hormon-nya Biologi.

Mei, aku melanjutkan ‘perjuangan’. Berjuang bersama Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi buat masuk ke universitas. 24 Mei, hari yang paling melegakan semumur hidupku. Aku LULUS! ..... dengan nilai pas-passan :| Kayaknya doaku kurang spesifik. Waktu aku berdoa, aku Cuma minta biar aku lulus. Bukan minta biar nilaiku bagus. Dan doaku dikabulkan, aku lulus... dengan nilai tralalala bobroknya.

Bulan Juni, aku menghadapi dua tes; pertama, tes mandiri buat masuk D3 Periklanan UNS dan yang kedua, tes SBMPTN buat masuk Psikologi UNNES, atau Bimbingan Konseling UNS, atau Pendidikan Bahasa Indonesia UNY. Rencananya, D3 itu bakal jadi cadangan kalo-kalo aku nggak lolos SBMPTN.. Dan taraaaaaa! Bulan Juli pengumuman, ternyata aku harus bilang, “Dadah..” sama Psikologi, BK, dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Hiks. :"(
Jadi anak Advertising nggak pernah ada dalam pikiranku. Terbesit aja enggak. Aku hampir desperate banget di Periklanan pas awal-awal masuk, soalnya anak Periklanan itu kan mainannya edit-edit digital.. Sedangkan dari dulu aku selalu menghindari hal-hal yang berhubungan sama komputer. Pas di SMA aja, udah putus asa banget setiap ada pelajaran TIK, padahal itu Cuma satu minggu sekali. Nah, di Periklanan makanannya itu mulu. Huft banget lah.. Tapi setelah satu semester ini, rasanya nggak buruk-buruk amat sih.. Ya walaupun aku masih bobrok, tapi agak bisa nolong diri sendiri lah. Mungkin karena emang di semester satu masih banyak teorinya, ya? Kita lihat saja nanti...

Bulan Juli-Agustus, sih aku di kampung halaman tercinta. Puasa sebulan di sana, terus lebaran di sana.. Seneng banget lah! Buat pertama kalinya, Kak Na sama Kak In bawa keluarganya dan kita ngumpul bertujuh di Tebing. Terus juga ketemu sama keluarga besar. Untuk pertama kalinya juga aku balik pas lebaran setelah tiga kali puasa, tiga kali lebaran di luar Sumatera Utara. It was a memorable  moment in 2013!

Tiga hari sebelum bulan September aku masuk kuliah. Aku jadi junior lagi setelah dua tahun jadi senior. Aku ngelewati masa orientasi lagi. Dan aku bertemu dengan orang yang sekarang aku anggap sebagai perusak tahun 2013-ku yang hampir tidak mengecewakan. Aku kenal dia. Dekat sama dia. And I felt in love with him on September.

Bulan Oktober dan November bener-bener bulannya aku—sama dia. Argh..... Udah deh kayaknya ngomongin tentang itu orang. Rasanya pengen ngelewatin bagian dimana aku kudu ngasih tau tentang perasaanku selama dua bulan ini :| Dan tepatnta, aku nggak mau ngomongin atau nginget-inget gimana bisa dia buat aku percaya pas dia ngimong tentang "kesetiaan"

Desember, menjadi pemegang rekor ‘bulan paling buruk’ di tahun ini di daftarku. Tahu kenapa? My love was lost on December. Hidupku juga hampir hilang. Sampai saat ini pun, aku nggak bisa bilang aku baik-baik aja. Yah udahlah, gitu aja, tiga post sebelumnya udah spamming  banget. Males kalo galau lagi hehehe..

Akhir kata, Selamat Datang 2014! ^^

1 comment: