Monday, 19 September 2016

Daftar Lagu Yang Bikin Semangat Menjalani Hari (yang penuh liku-liku)~

Oke, pertama-tama aku mau cur-col dulu, berhubung aku sudah lama sekali nggak posting apapun di blog ini. 

Jadi perasaanku saat menulis ini adalah: aku merasa hina sekali. Merasa hina karena merasa jadi orang yang nggak konsisten dengan mengabaikan blog ini sehingga menyebabkan postingan bolong selama empat jalan lima bulan lamanya. 

Hmmph. 

Maafkan aku, maafkan aku. Aku bisa memberi penjelasan, kok. Nanti, ya. Nggak sekarang. Sekarang kita fokus ke topik dulu.

Zaman sekarang, siapa sih, yang nggak suka mendengarkan musik? 
Musik udah jadi half of life dari sebagian orang. Musik itu bisa penyalur perasaan secara instan, sekaligus bisa jadi stimulan seseorang untuk rileks dan mengusir hal-hal yang merusak ketenangan jiwa. 

Musik biasanya paling jago dalam urusan mempengaruhi perasaanku, kalau mendengarkan lagu melow alias galau apalagi pas patah hati, lagunya habis, nyawaku juga habis dilindes kereta api. :(
Karena itu, sebagai orang yang berpengalaman di bidang sakit hati berkepanjangan akibat perbuatan mantan pasangan yang seenaknya, aku menyarankan untuk nggak mendengarkan lagu-lagu melow dan mendalami liriknya pas lagi patah hati.

CATET ITU!


Walau efeknya nggak sedahsyat kalau aku mendengarkan lagu galau, musik-musik beat juga bisa bikin mood jadi baik dan mempengaruhi perasaan jadi baik, lho. Biasanya aku mendengarkan lagu-lagu ini kalau pagi habis bangun tidur. Hal postif dari mendengarkan lagu-lagu ini bukan cuma bisa nge-dongkrak semangat doang, tapi juga bisa meningklatkan keprodutivitasan dalam menjalani hari yang semakin bertambah usia semakin berat saja.


Jadi. Apa aja, sih, lagu-lagu yang bikin semangat dan cocok didengarkan tiap pagi biar mood jadi baik seharian sehingga kamu kuat menjalani hari-hari yang penuh liku-liku ini?

1. Worth It - Fifth Harmony feat Kid Ink


Pertama kali dengar intro lagu ini di salah satu scene-nya Hotel Transylvania 2. Musik intro yang ear catching dan semangat di lagu ini bener-bener berhasil bikin telinga rasanya dimanja banget. Selesai nonton aku langsung googling soundtrack yang intro-nya terngiang-ngiang terus di telingaku. Lalu ketemulah lagu ini, dan pas didengarkan secara keseluruhan, aku puas dan memasukkan lagu Worth It di playlist pendorong semangat.

2. Love Never Felt So Good - Michael Jackson feat Justin Timberlake


Sebelum berita MJ meninggal, aku SAMA SEKALI nggak tahu bahwa King of Pop itu bernama Michael Jackson. Aku nggak pernah dengar lagunya, dan aku nggak tahu dia siapa. Oke, aku merasa hina sekali lagi. :| Setelah MJ meninggal dan lagu-lagunya bermunculan lagi, aku mencoba suka. Tetapi berujung pada hanya lewat begitu saja, maksudnya dengar sekali dan tidak pernah kudengar lagi. Entahlah, mungkin telingaku memang kacangan. Nggak bisa dengar lagu bagus. Lagu ini pun begitu, awalnya kudengar, responku nggak begitu 'waw', cuman karena ada embel-embel Justin Timberlake-nya lagu ini akhirnya ku-searching di Youtube. And I falling in love with the music video. Aku mencoba menghayati lagu beserta video-nya: sederhana, asik dan bikin kepala angguk-angguk menyesuaikan iramanya. Aku nggak addict banget sih sama ini lagu, tapi aku nggak pernah men-skip Love Never Felt So Good kalau lagu ini terputar tanpa sengaja di playlist. 

3. American Idiot & Basket Case - Green Day 




Kenapa lagu jadul banget ini masuk dalam daftar lagu yang bikin semangat? Karena ini lagu pertama dan kedua lagu western yang kudengar, sukai dan sampai sekarang nggak pernah gagal bikin mood-ku up. 

4. Don't Let Me Down - The Chainsmokers feat Daya


Fenomena EDM memang lagi menjamur banget sekarang. Semua lagu yang ada di chart billboard kebanyakan berasal dari genre EDM. Musik ini awalnya cuman dikenal di kalangan orang-orang yang sering ajojing di klub malam doang, tapi mungkin karena ada DJ yang mulai duet dengan penyanyi, akhirnya musik EDM jadi terkenal. Apalagi sekarang ini di Indonesia ada kompetisi yang secara khusus EDM yang digabungkan dengan penyanyi papan atas. Hal kayak gitu tentunya turut andil menambah pengetahuan dan ketertarikan masyarakat Indonesia tentang EDM. Aku sendiri sadar akan keberadaan musik EDM ini pertama dari lagu Titanium. Kemudian, makin hari makin banyak lagu bergenre EDM bermunculan dan aku menemukan Don't Let Me Down. Bagian yang favorit sejak awal dengar lagu ini dan pasti difavoritin banyak orang pas musik after reffrain-nya, apa sih namanya? Chorus? Interlude? Atau apa? 

5. Starship - Nicki Minaj


Aku nggak begitu suka rap. Terlebih, dengan dandannya yang terlalu nggak biasa bikin 'males' mendengar apa-apa aja lagu yang dinyanyikan sama Nicki Minaj. Cukup aneh memang gimana awalnya bisa suka sama lagu ini dan berakhir dengan selalu asik sendiri tiap mendengarkan Starship. Waktu itu nggak sengaja dengar di radio dan Starship menyisipkan 'twinkle twinkle little stars', rasanya aneh dan unik aja buatku. Lalu tau-tau Starship udah nangkring di playlist moodboster-ku. 

6. Stereo Heart ( Gym Class Heroes feat Adam Levine) 


My heart's a stereo
It beats for you, so listen close
Hear my thoughts in every no-o-o-te
Make me your radio
And turn me up when you feel low (turn it up a little bit)
This melody was meant for you
Just sing along to my stereo

Cuma lirik itu yang aku hapal dari Stereo Heart. Dan lirik itu cukup banget buat mengembalikan semangat yang lagi memble-memblenya, apalagi yang nyanyi Adam Levine. He-he. 

7. Bang Bang (K'NAAN feat Adam Levine)


Mungkin ada ya sindrom yang namanya Adam Levine effect? Sindrom ini bikin lagu yang dinyanyikan berduet sama Bang Adam jadi enak banget didengarkan. Dan aku terkena Adam Levine effect itu untuk lagu Bang Bang. Aku mencari semua lagu Adam Levine (di luar Maroon 5) dan menemukan beberapa lagu, tetapi untuk yang paling bisa bikin hariku cerah ceria ya setelah mendengar suaranya Bang Adam lewat dua lagu ini. 

8. It's A Beautiful Day - Michael Buble


Kesan pertama setelah mendengar lagu ini adalah ceria dan enerjik. Gimana enggak? Liriknya aja dipahami.

It's a beautiful day and I can't stop myself from smiling
If we're drinking, then I'm buying
And I know there's no denying
It's a beautiful day, the sun is up, the music's playing
And even if it started raining
You won't hear this boy complaining
'Cause I'm glad that you're the one who got away
It's a beautiful day 

Jadi lagu ini menceritaan tentang orang yang bahagia karena putus sama pacarnya. Walaupun rasanya nggak mungkin ada yang bisa sebahagia itu dalam dunia nyata-karena meski lega, pasti rasanya tetap saja ada yang kosong di hati pasca kehilangan seseorang yang terbiasa menjalani hari bersama, It's Beautiful Day kayak seperti menfsirkan bahwa 'seburuk apapun yang dialami, hari ini tetap harus menjadi hari yang baik' Uh WOW, kayaknya aku mau melanjutkan kuliah jurusan Filsafat khusus penafsiran lirik lagu  ada nggak ya?

9. Sugar - Maroon 5


Maroon 5. Uh Yeaaaaaah!
Rasanya pengin, deh, bikin daftar lagu yang aku tulis di sini isinya Maroon 5 semua, nggak salah juga, kan? Blog snediri juga mwehehehe. Tapi demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat permusikserta perlaguan dan karena aku berzodiak Libra yang dimana orang berzodiak Libra dikenal bijaksana, akhirnya aku memilih satu, satuuuuu aja lagu Maroon 5 yang benar-benar bisa bikin aku senyum-senyum sendiri pas mendengarakan lagunya. 

10. Happy - Pharrell Williams


YES! Sesuai judulnya: Happy makes you happy. Intro-nya oke dan nggak bertele-tele, langsung bikin aku tahu kalau Happy emang lagu yang bikin senyum lebar dan semangat sepanjang hari. Dan lagi, aku kenal lagu ini dari film, Despicable Me 2. Belum lagi, yang bikin Happy TOP adalah performance-nya di Grammy Awards 2015. Semua goyaaaang!

3 comments:

  1. 3 diantara lagu2 itu adalah my favorit song, Lagu Sugar-nya Maroon Five, lagu Don't Let Me Down -The Chainsmokers dan lagu Pharel William Happy, setuju deh lagu2 yang kamu rekomendasiin itu emang moodbooster banget...

    ReplyDelete
  2. 3 diantara lagu2 itu adalah my favorit song, Lagu Sugar-nya Maroon Five, lagu Don't Let Me Down -The Chainsmokers dan lagu Pharel William Happy, setuju deh lagu2 yang kamu rekomendasiin itu emang moodbooster banget...

    ReplyDelete
  3. Hampir semua lagu diatas pernah saya dengar dan semuanya, bisa dibilang, moodbooster banget.

    ReplyDelete