Penemuan Terbesar Sepanjang Sejarah (Time Machines)

Seperti yang teman-teman tahu, sekarang kemajuan teknologi di dunia yang kita sayangi ini sudah semakin pesat saja. Dalam hal komunikasi, nggak usah jauh-jauh mengenang zaman ketika komunikasi masih mengandalkan burung merpati. Aku inget banget ketika itu sekitar tahun 2000an orang tuaku sedah memiliki telepon genggam guna berkomunikasi dengan kakakku yang saat itu berkuliah di pulau seberang. Telepon genggam merek NOKIA seri 5110 yang jumlah kalimat dalam pesannya dibatasi hanya 160 karakter. Layar berwarna kuning berukuran kurang dari 5cm dan daya tahan baterainya bisa sampai seminggu lebih. Dulu, memiliki alat komunikasi semacam itu sudah dianggap sangat mempermudah, karena orang tuaku setiap malam minggu nggak perlu jauh-jauh ke WARTEL, walaupun menelepon menggunakan NOKIA 5110 itu harus keluar rumah dulu demi dapet sinyal.


Belasan tahun kemudian, kita sudah dihadapkan dengan era smartphone, alat yang nggak hanya bisa berkomunikasi, tetapi sesuai namanya telepon jenis ini menjadi benda pintar dengan multi-fungsi yang ada padanya. Hampir semua aspek kehidupan mengandalkan smartphone, bahkan kita bisa mencari jodoh hanya lewat smartphone. 

Teknologi maju dan akan terus maju, tetapi sampai saat ini masih ada salah satu yang belum bisa ditemukan oleh ahli-ahli di luar sana. Tetapi dengan gampangnya bisa ditemukan olehku. 

Apa itu? 
Time Machine. 
Nggak bisa bahasa Inggris? Sama. 
Time Machine itu Mesin Waktu. Tahu kan, fungsinya mesin waktu? Mesin yang bisa bikin kita memutar waktu, menggunakan mesin ini kita bisa datang ke waktu yang kita inginkan. 

Well. 
Amazing sekali, kan, penemuanku ini? 
Jadi nggak perlu berlama-lama lagi. Ini dia aku perkenalkan lima mesin waktu versi 1.0! 

1. Tidur

Tenang, tenang. Jangan protes dulu. Biarkan aku menjelaskan fungsi yang nomor satu ini. 
Wahai saudara-saudaraku yang baik hatinya, nggak pada sadarkah kalau tidur itu bisa memutar waktu menjadi lebih cepat? Ckckck. Kita semua tahu dong fungsi utama tidur, yaitu untuk mengistirahatkan mata dan tubuh setelah melakukan pekerjaan yang menguras tenaga. Tapi kamu nggak pernah sadar, kalo tidur termasuk dalam kategori mesin waktu karena ia bisa memajukan waktu selama satu menit atau bahkan satu bulan. 

Nah sudah tau, kan sekarang? Kalau begitu mari kita budayakan tidur. Karena kalau kita sering tidur berarti kamu membantu penemuanku ini untuk memajukan teknologi di dunia dan tentu aja, kalau penemuanku berguna kelak akan mengahrumkan nama Indonesia! OWYEAH

2. Menulis

Ini, nih, biasanya dialami sama penulis-penulis. Baik penulis profesional, amatir atau penulis sambilan-penulis yang sambil, makan, minum, mandi, kamar mandi, sambil pacaran. Kalau kamu salah satu dari tiga jenis penulis tadi, kamu pasti pernah merasakan ketika kamu mulai menulis di pagi hari, pas kamu mau merenggangkan otot tiba-tiba di luar udah gelap. Udah gerhana matahari. Udah tahun baru. Terus pas kamu ngaca, kamu udah brewokan dan yang parah saking menulis bikin waktu semakin cepat, pacar kamu udah punya anak. 

Hal kayak gini sering banget kejadian samaku, sama kayak aku pas nulis inni. Aku mulai jam sebelas pagi, dan sekarang udah jam setengah lima dan belum rampung-rampung. Pft. 

3. Membaca

found this picture here

Kalau kamu lagi membaca timeline twitter (apalagi baca timeline akun twitter-nya mantan) tanpa sadar pas kamu selesai membaca, yang awalnya kamu duduk manis di sofa rumah udah berubah kamu udah duduk di mall. Ini mesin teleportasi apa mesin waktu ya?-_- 

4. Mendengarkan Musik

Di kala kamu bosan menunggu antrian dan nggak ada yang bisa dilakukan lagi. Hal pertama yang kamu lakukan pasi merogoh kantong, mengeluarkan smartphone, menancapkan earphone ke telinga terus memutar lagu. Satu, dua, sepuluh lagu lewat dan tiba-tiba kamu nggak dalam posisi menunggu lagi. Hebat, kan? Kenapa kita nggak sadar dengan teknologi canggih nan hemat ini kyaaaaa.....

Tapi mendengarkan musik ini nggak bisa dipakai kalo kamu lagi nungguin putusnya cengcengan yang udah punya pacar, lho. 

5. Menonton Film Biru


K-Drama lovers pasti kerap banget merasakan hal kayak gini: punya drama korea baru dengan series lengkap yang biasanya terdiri dari lebih dari 15 episode. Niat awalnya, sih, cuma nonton satu sampe tiga episode, soalnya besok kan ada kuliah jam tujuh pagi, jadi nggak boleh begadang. Tetapi yang terjadi adalah nonton drama koreanya sampai episode terakhir tanpa kenal waktu. Selesai semua episode tiba-tiba udah pagi aja dan kamu ngantuk. Alhasil ketiduran dan nggak hadir kuliah, padahal ini jatah terakhir kamu bolos kuliah. Kalo kamu pernah merasakan ini, percayalah kamu nggak sendirian. Ada aku di sampingmu... *puk puk pake tongkat* Eh, tapi aku kan udah wisuda hehehe, jadi kita nggak sama dong.

Sekian saja penemuan yang bisa aku jabarkan. Aku sadari masih banyak banget kekurangan dar hasil penemuan ini, seperti kelima mesin waktu ini hanya bisa digunakan untuk maju bukan memundurkan waktu. Hal tersebut bukan karena tujuan, sekalipun ada mesin yang bisa membawa kita ke masa lalu, bukan berarti kita bisa membuat masa depan kita bahagia tanpa cela. Karena satu-satunya yang baik dari masa lalu adalah jika kamu bisa belajar dari kesalahan dan cukup menyadari bahwa masa lalu nggak akan mempengaruhi masa depan, yang menentukan masa depanmu hanya sikapmu di masa sekarang. 


Comments

  1. wehhh tau aja mba kalo aktivitsa itu bisa membuat mesin waktu kita berjalan begitu cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesannya "banyal hal-hal yang kita anggap sepele justru menjadi sesuatu yang besar jika diperhatikan"

      Delete

Post a Comment